Latest News

Thursday, March 22, 2018

Tanggapan Atas Tuduhan No 7 Pengikut Paulus (Kristiani)salah dalam memahami Kitab 1Yohanes 5:7

7. Pengikut Paulus (Kristiani) salah dalam memahami Kitab 1Yohanes 5:7 :
“SePasal ada tiga yang memberi kesaksian di dalam sorga : Bapa, Firman danRoh Kudus. Dan ketiganya adalah satu.” Ayat ini dijadikan salah satu alasan untuk menuhankan Yesus. Dan ternyata tidak tepat, perhatikan di bawah ini :
Bapa : jika kita memperhatikan Kitab Yoh 20:17 & Mat 6:9 & Mat 27:46. Kalimat Bapa adalah sinonim dari Allah. Yaitu nama Tuhan yang memiliki alam semesta (Kel 3:15), dan Dialah yang Maha Esa/Satu (Yoh 5:44).
Firman : jika kita memperhatikan Kitab Kejadian pasal 1 ayat 3, 6, 9, 11, 12, 14, 20, 24, 26 dan 29. Kalimat Firman artinya ucapan Allah. Dan juga dapat kita simpulkan bahwa Allah menciptakan langit dan bumi beserta seluruh isinya cukup dengan berfirman/mengucapkan/kalimat “Jadilah”. Sebagaimana dijelaskan dalam Kitab Yoh 1:1.
Roh Kudus : jika kita perhatikan lagi bahwa : Roh Kudus BERASAL dari Allah (1Yoh 4:1), Roh Kudus PEMBERIAN Allah (Yoh 14:16), dan Roh Kudus UTUSANAllah (Yoh 14:26). Jadi semua yang BERASAL atau PEMBERIAN atau UTUSAN Allah adalah ciptaan Allah – BUKAN JELMAAN ALLAH (Lihat Pasal II bagian A).
Ketiganya adalah satu : maksudnya yaitu bahwa alam semesta ini (termasuk roh kudus) dari tidak ada menjadi ada karena diciptakan oleh yang Maha Satu yaitu Allah (Kej 1:1-29, Kel 3:15, Yoh 5:44). Jadi alam semesta ini pada hakekatnya/substansialnya adalah satu. Tapi bukan berarti yang diciptakan-Nya itu disebut juga sebagai Tuhan (lihat perumpamaan roti dan gandum di ayat 3 point 6-7).
Dan ayat 1Yoh 5:7 tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan Yesus. Bahkan Yesus bernubuat tentang akan datangnya roh kudus setelah dia tiada (Yoh 14:26, sebelumnya baca ayat ini dulu Yoh 16:7), yang tiada lain adalah Nabi Muhammad.

Tanggapan 7:


    * 1 Yohanes 5:7
    LAI TB, Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
    KJV, For there are three that bear record in heaven, the Father, the Word, and the Holy Ghost: and these three are one. 
    Textus Receptus (TR), οτι τρεις εισιν οι μαρτυρουντες εν τω ουρανω ο πατηρ ο λογος και το αγιον πνευμα και ουτοι οι τρεις εν εισιν
    Translit. interlinear, hoti {sebab} treis {tiga} eisin {ada} hoi {yang} marturountes {memberi kesaksian} en {dalam} tô ouranô {Surga} ho patêr {Bapa} ho logos {Firman} kai {dan} to hagion {Kudus} pneuma {Roh} kai {dan} houtoi hoi treis {ketiganya} en {satu} eisin {adalah}

Pokok yang dipersoalkan di sini adalah "Doktrin Trinitas", dan doktrin ini sebenarnya bukan warisan dari Rasul Paulus. Dan lagi frasa "Bapa, Firman dan Roh Kudus," merefleksikan kepenulisan Rasul Yohanes yang khas. Pernyataan bahwa Yesus Kristus adalah "Sang Firman" atau "Ho Logos" merupakan ciri khas penekanan Rasul Yohanes (bandingkan dengan Yohanes 1:1,14).

Dan ayat 1Yoh 5:7 tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan Yesus. Bahkan Yesus bernubuat tentang akan datangnya roh kudus setelah dia tiada (Yoh 14:26, sebelumnya baca ayat ini dulu Yoh 16:7), yang tiada lain adalah Nabi Muhammad.


Ini kan lucu, si penuduh mengecam keras keimanan kami, tetapi kemudian menyempalkan kepercayaannya disuntikkan ke dalam pemahaman Kitab Suci kami. Ya tidak akan nyambung. 

Sepanjang Perjanjian Lama sampai dengan Perjanjian Baru, tidak pernah ada suatu nubuat adanya Keturunan Ismael untuk meneruskan garis kenabian Abraham. Meski demikian kami tidak menggugat keimanan teman Muslim bahwa Muhammad adalah nabi yang dipercayainya. 

Jika hendak melegalisasi kenabian Muhammad, silahkan menggunakan Kitab Suci Islam sendiri. 

Karena nubuat tentang Muhammad di dalam Kitab Suci kami jelas tidak ada. Bahkan Alkitab menulis secara khusus Garis Kenabian adalah "Abraham-Ishak-Yakub", tidak ada nama Ismael di situ, perhatikan:

    * Keluaran 3:6 
    LAI TB, Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah. 
    KJV, Moreover he said, I am the God of thy father, the God of Abraham, the God of Isaac, and the God of Jacob. And Moses hid his face; for he was afraid to look upon God.
    Hebrew, 
    וַיֹּאמֶר אָנֹכִי אֱלֹהֵי אָבִיךָ אֱלֹהֵי אַבְרָהָם אֱלֹהֵי יִצְחָק וֵאלֹהֵי יַעֲקֹב וַיַּסְתֵּר מֹשֶׁה פָּנָיו כִּי יָרֵא מֵהַבִּיט אֶל־הָאֱלֹהִים׃ 
    Translit, VAYOMER ANOKHI ELOHEY AVIKHA ELOHEY AVRAHAM ELOHEY YITS'KHAQ VELOHEY YA'AKOV VAYASTER MOSYEH PANAV KI YARE MEHABIT EL-HA'ELOHIM

Ayat diatas menulis bahwa Allah memperkenalkan diriNya kepada Musa "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Disini Allah memberikan dasar pertemuanNya dengan Musa yang bertumbuh dan dewasa tidak di rumah orang-tuanya sendiri, tetapi di istana Kerajaan Mesir. Maka, Allah perlu menunjuk latar belakang asal-usul Musa, bahwa Musa bukan orang Mesir, melainkan keturunan Abraham dari garis Ishak dan Yakub, inilah garis kenabian di dalam Kitab suci kami! 

Perhatikan di sini tidak ada nama Ismael.

Dan Allah menunjuk bahwa Allah telah mengikat perjanjian dengan nenek-moyang bangsa Israel ini. Perkenalan ini menginsyafkan Musa bahwa Allah adalah Allah nenek-moyangnya. 

Teman Muslim biasanya menuduh bahwa kitab kami sudah diubah-ubah tidak asli lagi, tapi coba bandingkan dengan ini:

    * Qs 29:27
    Dan Kami anugrahkan kepada Ibrahim, Ishak dan Yakub, dan Kami jadikan kenabian dan Al Kitab pada keturunannya, dan Kami berikan kepadanya balasannya di dunia; dan sesungguhnya dia di akhirat, benar-benar termasuk orang-orang yang saleh.

    * Qs 19:49
    Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Yakub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi.

Ternyata nama "Ismael" juga absen di dalam 2 ayat tsb. Di dalam Kitab Suci umat Muslim sendiri.

Teman Muslim mencoba melakukan akrobat logika dengan mencari2kan nubuat kepada Muhammad dalam Kitab Suci kami di Yoh 14:26, 16:7, sepertinya kok tidak PD dengan kitab sucinya sendiri....
Mohon maaf Ayat dalam Kitab Suci kami, Yohanes 14:26, 16:7 adalah bukan untuk Muhammad. Pembahasannya, di 

Teman Muslim punya Kitab Suci sendiri, dan itu kami hormati, silahkan tetap beriman di dalam keimanan Islam. Jangan mencoba menyuntikkan paham yang berbeda dengan keimanan kami, ke dalam Kitab Suci kami. Sebab si penuduh Muslim ini tidak paham Kitab Suci kami.

    * Yohanes 14:26
    tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Kalaupun Teman Muslim memaksa bahwa Yohanes 14:26 ini dikenakan kepada Muhammad, coba bandingkan dengan ayat ini:

    * Yohanes 15:26 LAI TB, "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku." 
    KJV, But when the Comforter is come, whom I will send unto you from the Father, even the Spirit of truth, which proceedeth from the Father, he shall testify of me
    TR, οταν δε ελθη ο παρακλητος ον εγω πεμψω υμιν παρα του πατρος το πνευμα της αληθειας ο παρα του πατρος εκπορευεται εκεινος μαρτυρησει περι εμου
    Translit Interlinear, hotan {apabila} de elthê {datang} ho paraklêtos {penolong/ penghibur} hon {yang} egô {Aku} pempsô{mengutus} humin {kepada kamu} para {dari} tou patros {Bapa} to pneuma {Roh} tês alêtheias {(yang menyatakan) kebenaran} ho {yang} para {dari} tou patros {Bapa} ekporeuetai {keluar} ekeinos {(Ia) itu} marturêsei {Akan memberi kesaksian} peri {tentang} emou {Aku}

Dalam Yohanes 15:26 ini menulis jelas "Penghibur yang akan Kuutus". Jika teman Muslim memaksakan kehendaknya mencomot ayat Kitab suci kami untuk mengartikan bahwa "Sang Penghibur itu adalah Muhammad", nah apakah teman Muslim rela menerima bahwa Muhammad itu diutus oleh Yesus Kristus?

Kami meragukan itu....

No comments:

Post a Comment