Latest News

Friday, March 23, 2018

A. Roh kudus tidak bisa disebut sebagai Tuhan atau jelmaan Tuhan
1. Roh kudus sebagai media Tuhan untuk menciptakan alam
Kej 1:1-14 “Roh Allah melayang-layang … (kemudian Allah menciptakan alam).”

2. Roh kudus sebagai media Tuhan untuk menghidupkan
Kej 2:7 “Menghembuskan nafas/jiwa/roh hidup ke dalam hidungnya, demikianlah manusia menjadi mahkluk yang hidup.”
Maz 33:6 “Oleh nafas/jiwa/roh dari mulut-Nya segala tentara-Nya.”


Tanggapan 27:

Kami menyadari bahwa teman Muslim tidak memiliki pemahaman tentang siapa Roh Kudus itu sesuai apa yang tertulis di:

    * QS 17 : 85 
    Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah : “Roh itu termasuk urusan Tuhanku dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit”.

Namun demikian si penuduh ini masih nekat mendefinisikan "Roh" menurut pemahamannya sendiri.

Di dalam Kitab Suci kami, menulis jelas bahwa Roh Kudus adalah Roh Allah yang Kudus. Baca penjelasan di:

a) Interchangeable



Kitab Suci menggunakan sebutan Roh Kudus dan Allah / Tuhan ('ADONAY) / TUHAN (YHVH) secara interchangeable (= bisa dibolak-balik) :


Ayat dibawah ini merujuk "RUAKH 'ELOHIM" adalah 'ELOHIM, mendukakan "RUAKH"-Nya sama dengan mendukakan diri-Nya: 



1. Yesaya 63:10-11, Mendukakan Roh Kudus-Nya sama dengan mendukakan Allah:


* Yesaya 63:10-11

63:10 LAI TB, Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. 
KJV But they rebelled, and vexed his holy Spirit: therefore he was turned to be their enemy, and he fought against them. 
Hebrew,
וְהֵמָּה מָרוּ וְעִצְּבוּ אֶת־רוּחַ קָדְשֹׁו וַיֵּהָפֵךְ לָהֶם לְאֹויֵב הוּא נִלְחַם־בָּם׃
Translit interlinear, VEHEMAH {tetapi mereka} MARU {mereka memberontak} VE'ITSVU {dan mereka mendukakan} 'ET {pada} -RU'AKH QAD'SHO {Roh Kudus-Nya} VAYEHAFEKH {maka Ia berubah} LAHEM {kepada mereka} LE'OYEV {untuk menjadi musuh} HU {Dia} NIL'KHAM-BAM {Dia berperang melawan mereka}

63:11 LAI TB, Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka; 

KJV, Then he remembered the days of old, Moses, and his people, saying, Where is he that brought them up out of the sea with the shepherd of his flock? where is he that put his holy Spirit within him? 
Hebrew,
וַיִּזְכֹּר יְמֵי־עֹולָם מֹשֶׁה עַמֹּו אַיֵּה הַמַּעֲלֵם מִיָּם אֵת רֹעֵי צֹאנֹו אַיֵּה הַשָּׂם בְּקִרְבֹּו אֶת־רוּחַ קָדְשֹׁו׃
Translit interlinear, VAYIZ'KOR {dan dia teringat} YEMEY-'OLAM {pada zaman dahulu} MOSHEH {musa} 'AMO {bangsanya} 'AYEH {di mana} HAMA'ALEM {dia dulu pernah membawa} MIYAM {dari laut} ET RO'EY TSONO {bersama2 kambing dan dombanya} AYEH {dimana} HASAM {Dia menaruh} BEQIR'BO {di tengah2nya} ET {pada} -RUAKH QAD'SHO {Roh Kudus-Nya}


2. Bandingkan Yesaya 6:8-10 dengan Kisah 28:25-27:


* Yesaya 6:8-10 

6:8 Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!"
6:9 Kemudian firman-Nya: "Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini: Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: jangan!
6:10 Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh." 

* Kisah 28:25-27 

28:25 Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya:
28:26 Pergilah kepada bangsa ini, dan katakanlah: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.
28:27 Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.

Kalau kita membandingkan 2 bagian Kitab Suci diatas, maka jelas terlihat bahwa apa yang dikatakan Paulus dalam Kisah 28:25-27 itu ia kutip dari Yesaya 6:8-10. Tetapi dalam Yesaya 6:8-10 itu dikatakan bahwa itu adalah suara Tuhan kepada nabi Yesaya, sedangkan dalam Kisah 28:25-27 itu Paulus berkata bahwa firman itu disampaikan oleh Roh Kudus dengan perantaraan nabi Yesaya. Ini menunjukkan bahwa Roh Kudus adalah Tuhan sendiri.



3. Bandingkan Ibrani 3:7-11 dengan Mazmur 95:7b-11 dan Keluaran 17:1-7:


*Ibrani 3:7-11 

3:7 Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
3:8 janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun,
3:9 di mana nenek moyangmu mencobai Aku dengan jalan menguji Aku, sekalipun mereka melihat perbuatan-perbuatan-Ku, empat puluh tahun lamanya.
3:10 Itulah sebabnya Aku murka kepada angkatan itu, dan berkata: Selalu mereka sesat hati, dan mereka tidak mengenal jalan-Ku,
3:11 sehingga Aku bersumpah dalam murka-Ku: Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku."

Karena kata-kata dalam Ibrani 3:7-11 ini merupakan kata-kata Roh Kudus, maka kata-kata 'mencobai Aku' berarti 'mencobai Roh Kudus'.

Kalau sekarang kita melihat dalam Mazmur 95:7b-11, yang hampir-hampir identik dengan Ibrani 3:7-11 tadi, maka bisa kita dapatkan dari Mazmur 95:8 bahwa itu adalah peristiwa yang terjadi di Masa dan Meriba. Dan peristiwa Masa dan Meriba itu diceritakan dalam Keluaran 17:1-7. Sekarang perhatikan Keluaran 17:7 yang berbunyi:

"Dinamailah tempat itu Masa dan Meriba, oleh karena orang Israel telah bertengkar dan oleh karena mereka telah mencobai TUHAN dengan mengatakan: ‘Adakah TUHAN di tengah-tengah kita atau tidak?’".


Jadi disini dipakai istilah 'mencobai TUHAN (YHVH)', padahal tadi dalam Ibrani 3:7-11 dikatakan bahwa mereka 'mencobai Roh Kudus'. Ini menunjukkan bahwa Roh Kudus itu adalah TUHAN (YHVH)!



4. Bandingkan Ibrani 10:15-17 dengan Yeremia 31:33-34.


* Ibrani 10:15-17 

10:15 Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita,
10:16 sebab setelah Ia berfirman: "Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu," Ia berfirman pula: "Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka,
10:17 dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka." 

* Yeremia 31:33-34

31:33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
31:34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

Jelas terlihat bahwa Ibrani 10:16-17 merupakan kutipan sebagian (tidak seluruhnya) dari Yeremia 31:33,34. Tetapi dalam Yeremia 31 dikatakan bahwa kata-kata itu diucapkan oleh TUHAN (YHVH) (perhatikan kata-kata ‘firman TUHAN’ dalam Yeremia 31:31,32c,34b). Sedangkan dalam Ibrani 10:15-17 dikatakan bahwa itu merupakan 'kesaksian / firman Roh Kudus' (Ibrani 10:15b,16b).


Disamping itu, dalam Yeremia 31 itu, yang mengadakan perjanjian, yang menaruh Taurat dalam batin umatNya, dan yang mengampuni / tidak mengingat dosa umatNya, adalah TUHAN / YHVH sendiri. Sedangkan dalam Ibrani 10:15-17, yang mengadakan perjanjian, yang menaruh hukum dalam hati, dan yang mengampuni / tidak mengingat dosa, adalah Roh Kudus.


Juga perlu diperhatikan bahwa Roh Kudus dikatakan 'tidak mengingat dosa'. Ini menunjukkan bahwa Roh Kudus mempunyai kuasa untuk mengampuni dosa.


Semua ini menunjukkan bahwa Roh Kudus adalah TUHAN (YHVH) sendiri! 



5. Sekarang mari kita melihat pada Kisah 5:3-4,9 yang berbunyi sebagai berikut:


* Kisah 5:3-4,9

5:3 LAI TB, Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
KJV, But Peter said, Ananias, why hath Satan filled thine heart to lie to the Holy Ghost, and to keep back part of the price of the land?
TR, ειπεν δε πετρος ανανια διατι επληρωσεν ο σατανας την καρδιαν σου ψευσασθαι σε το πνευμα το αγιον και νοσφισασθαι απο της τιμης του χωριου
Translit interlinear, eipen {berkata} de {tetapi} petros {petrus} anania {hai ananias} diati {mengapa} eplêrôsen {memenuhi} ho satanas {iblis} tên kardian {hati} sou {-mu} pseusasthai {sehingga menudtai} se {engkau} to pneuma {Roh} to hagion {Kudus} kai {daan} nosphisasthai {menyelewenkan untuk diri (-mu)} apo {sebagian dari} tês timês {untuk penjualan} tou khôriou {tanah itu}

5:4 LAI TB, Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."

KJV, Whiles it remained, was it not thine own? and after it was sold, was it not in thine own power? why hast thou conceived this thing in thine heart? thou hast not lied unto men, but unto God.
TR, ουχι μενον σοι εμενεν και πραθεν εν τη ση εξουσια υπηρχεν τι οτι εθου εν τη καρδια σου το πραγμα τουτο ουκ εψευσω ανθρωποις αλλα τω θεω
Translit interlinear, oukhi {bukankah} menon {selama (tanah itu) tetap ada} soi {padamu} emenen {ia tetap ada} kai {lalu} prathen {setelah dijual} en {dalam} tê sê {-mu} exousia {pengontrolan} hupêrkhen {ia berada} ti {mengapa} hoti {bahwa} ethou {engkau menetapkan} en {dalam} tê kardia {hati} sou {-mu} to pragma {perbuatan} touto {ini} ouk {bukan} epseusô {engkau berdusta} anthrôpois {kepada manusia} alla {tetapi} tô theô {kepada Allah}

5:9 LAI TB, Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."

KJV, Then Peter said unto her, How is it that ye have agreed together to tempt the Spirit of the Lord? behold, the feet of them which have buried thy husband are at the door, and shall carry thee out.
TR, ο δε πετρος ειπεν προς αυτην τι οτι συνεφωνηθη υμιν πειρασαι το πνευμα κυριου ιδου οι ποδες των θαψαντων τον ανδρα σου επι τη θυρα και εξοισουσιν σε
Translit interlinear, ho de {lalu} petros {petrus} eipen {berkata} pros {kepada} autên {dia} ti hoti {mengapa} sunephônêthê {itu disepakati} humin {oleh kalian} peirasai {untuk mencobai} to pneuma {Roh} kuriou {Tuhan} idou {perhatikanlah} hoi podes {kaki-kaki} tôn {orang2 yang} thapsantôn {mengubur} ton andra {suami} sou {-mu} epi {di depan} tê thura {pintu} kai {dan} exoisousin {mereka akan membawa keluar} se {engkau}

Perhatikan bahwa kalau dalam Kisah 5:3 Petrus berkata bahwa Ananias 'mendustai Roh Kudus', maka dalam Kisah 5:4 Petrus berkata bahwa Ananias 'mendustai Allah'. Lalu dalam Kisah 5:9 Petrus berkata bahwa mereka 'mencobai Roh Tuhan'. Ini lagi-lagi menunjukkan bahwa Roh Kudus adalah Allah!



6. Roh Kudus tinggal didalam orang percaya


* 1 Korintus 3:16

Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

Dalam 1 Korintus 3:16 Paulus berkata bahwa tubuh kita adalah 'bait Allah' (= rumah Allah), dan ia melanjutkan dengan kata-kata 'dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu'. Kalau memang tubuh kita adalah bait / rumah Allah, maka itu seharusnya berarti bahwa Allahlah yang tinggal di dalam tubuh kita. Tetapi Paulus mengatakan Roh Allah (= Roh Kudus) yang tinggal di dalam kita.


Dan kalau kita melihat dalam 1 Korintus 6:19 maka di sana Paulus berkata bahwa tubuh kita adalah 'bait Roh Kudus'.


* 1 Korintus 6:19

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Semua ini menunjukkan bahwa Roh Kudus itu adalah Allah!



7. Roh TUHAN adalah TUHAN


* Yesaya 61:1

LAI TB, Roh Tuhan ALLAH (YHVH) ada padaku, oleh karena TUHAN (YHVH) telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,
KJV, The Spirit of the Lord GOD is upon me; because the LORD hath anointed me to preach good tidings unto the meek; he hath sent me to bind up the brokenhearted, to proclaim liberty to the captives, and the opening of the prison to them that are bound;
Hebrew, 
רוּחַ אֲדֹנָי יְהוִה עָלָי יַעַן מָשַׁח יְהוָה אֹתִי לְבַשֵּׂר עֲנָוִים שְׁלָחַנִי לַחֲבֹשׁ לְנִשְׁבְּרֵי־לֵב לִקְרֹא לִשְׁבוּיִם דְּרֹור וְלַאֲסוּרִים פְּקַח־קֹוחַ׃
Translit interlinear, RUAKH {Roh} 'ADONAY {Tuhan} YEHOVIH (dibaca: 'Elohim, ALLAH) 'ALAI {ke atas-ku} YA'AN {sebab} MASHAKH {Dia telah mengurapi} YEHOVAH (dibaca: 'Adonay, TUHAN) 'OTI {padaku} LEVASER {untuk menyampaikan kabar (baik)} 'ANAVIM {kepada orang2 miskin/ sengsara} SHELAKHANI {Ia telah mengutus aku} LAKHAVOSH {untuk merawat luka} LENISHBEREY-LEV {orang2 yg remuk hatinya} LIQ'RO {untuk memberitakan} LISH'VUYIM {orang2 tawanan} DEROR {pada kebebasan} VELA'ASURIM {dan kepada orang2 yg terkurung} PEQAKH-QO'AKH {kelepasan dari penjara} 

* Yehezkiel 11:5

LAI TB, Maka Roh TUHAN (YHVH) meliputi aku dan TUHAN (YHVH) berfirman kepadaku: "Katakanlah: Beginilah Firman Tuhan: Kamu berkata-kata begini, hai kaum Israel, dan Aku tahu apa yang timbul dalam hatimu.
KJV, And the Spirit of the LORD fell upon me, and said unto me, Speak; Thus saith the LORD; Thus have ye said, O house of Israel: for I know the things that come into your mind, every one of them.
Hebrew, 
וַתִּפֹּל עָלַי רוּחַ יְהוָה וַיֹּאמֶר אֵלַי אֱמֹר כֹּה־אָמַר יְהוָה כֵּן אֲמַרְתֶּם בֵּית יִשְׂרָאֵל וּמַעֲלֹות רוּחֲכֶם אֲנִי יְדַעְתִּיהָ׃ 
Translit interlinear, VATIPOL {dan dia jatuh} 'ALAI {ke atasku} RUAKH {Roh} YEHOVAH (dibaca: 'Adonay, TUHAN) VAYOMER {Dia berfirman} 'ELAI {kepadaku} 'EMOR {katakanlah} KOH-'AMAR {beginilah firman} YEHOVAH (dibaca: 'Adonay, TUHAN) KEN {begini} 'AMAR'TEM {katakanlah kepada mereka} BEYT YISRA'EL {hal kaum israel} UMA'ALOT {dari apa yang mucul} RUKHAKHEM {dari jiwa kalian} 'ANI {Aku} YEDATIHA {Aku telah mengetahuinya}

* Hakim 3:10

LAI TB, Roh TUHAN (YHVH) menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju berperang, lalu TUHAN (YHVH) menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim.
KJV, And the Spirit of the LORD came upon him, and he judged Israel, and went out to war: and the LORD delivered Chushanrishathaim king of Mesopotamia into his hand; and his hand prevailed against Chushanrishathaim.
Hebrew, 
וַתְּהִי עָלָיו רוּחַ־יְהוָה וַיִּשְׁפֹּט אֶת־יִשְׂרָאֵל וַיֵּצֵא לַמִּלְחָמָה וַיִּתֵּן יְהוָה בְּיָדֹו אֶת־כּוּשַׁן רִשְׁעָתַיִם מֶלֶךְ אֲרָם וַתָּעָז יָדֹו עַל כּוּשַׁן רִשְׁעָתָיִם׃ 
Translit, VATEHI 'ALAV {dan menghinggapi ke atasnya} RUAKH {Roh} -YEHOVAH (dibaca: 'Adonay, TUHAN) VAYISH'POT {dan dia menghakimi} 'ET-YISRA'EL {orang israel} VAYETSE {dan dia maju keluar} LAMIL'KHAMAH {pada peperangan} VAYITEN {dan Dia menyerahkan} YEHOVAH (dibaca: 'Adonay, TUHAN) BEYADO {di tangannya} 'ET-KUSHAN RISHATAYIM {Kusyan-Risyataim} MELEKH {raja} 'ARAM {aram} VATA'AZ YADO {dan ke dalam tangannya} AL KUSHAN RISHATAYIM {dari Kusyan-Risyataim}

Dengan cara yang sama, kalau kita membandingkan dalam ayat-ayat di atas bahwa 'Roh TUHAN (YHVH)' itu adalah 'TUHAN (YHVH)'.



b) ALKITAB menunjukkan bahwa Roh Kudus mempunyai sifat-sifat Allah:



1. Kekal 


* Ibrani 9:14

betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup

2. Mahaada 


* Mazmur 139:7-10

139:7 LAI TB, Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?
KJV, Whither shall I go from thy spirit? or whither shall I flee from thy presence?
Hebrew, 
אָנָה אֵלֵךְ מֵרוּחֶךָ וְאָנָה מִפָּנֶיךָ אֶבְרָח׃
Translit interlinear, 'ANAH {kemanakah} 'ELEKH {aku akan pergi berjalan} MERUKHEKHA {dari Roh-Mu} VE'ANAH {dan kemana} MIPANEIKHA {dari hadapan-Mu} EV'RAKH {aku dapat berlalu menghindar}

139:8 LAI TB, Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau.

KJV, If I ascend up into heaven, thou art there: if I make my bed in hell, behold, thou art there.
Hebrew, 
אִם־אֶסַּק שָׁמַיִם שָׁם אָתָּה וְאַצִּיעָה שְּׁאֹול הִנֶּךָּ׃
Translit, 'IM {apabila} -'ESAQ {aku mendaki} SHAMAYIM {ke langit} SHAM {di sana} 'ATAH {Engkau ada} VE'ATSI'AH {dan jika aku menaruh pembaringan} SHE'OL {ke sheol} HINEKA {Engkau ada} 

139:9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut,

139:10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.


3. Mahatahu 


* 1 Korintus 2:10-11 

2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.
2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. 

* Yesaya 40:13

Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasihat?

1 Korintus 2:10-11 yang menunjukkan bahwa Roh Kudus itu tahu apa yang ada dalam diri Allah, jelas menunjukkan bahwa Roh Kudus itu mahatahu!



4. Mahakuasa 


* Matius 12:28

Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.


5. Suci. 


Ini terlihat dari sebutan ‘kudus’, dan juga terlihat dari Efesus 4:30 yang menunjukkan bahwa dosa kita mendukakan Roh Kudus.


* Efesus 4:30

Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan


c) Kitab Suci juga menunjukkan bahwa Roh Kudus melakukan pekerjaan-pekerjaan ilahi:


1. Penciptaan 


* Kejadian 1:2 

LAI TB, Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air 
KJV And the earth was without form, and void; and darkness was upon the face of the deep. And the Spirit of God moved upon the face of the waters. 
Hebrew,
וְהָאָרֶץ הָיְתָה תֹהוּ וָבֹהוּ וְחֹשֶׁךְ עַל־פְּנֵי תְהֹום וְרוּחַ אֱלֹהִים מְרַחֶפֶת עַל־פְּנֵי הַמָּיִם׃ 
Translit, VEHA'ARETS HAITAH TOHU VAVOHU VEKHOSYEKH AL-PENEY TEHOM VERUAKH 'ELOHIM MERAKHEFET AL-PENEY HAMAYIM 

* * Ayub 33:4

LAI TB, Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup
KJV, The spirit of God hath made me, and the breath of the Almighty hath given me life.
Hebrew, רוּחַ־אֵל עָשָׂתְנִי וְנִשְׁמַת שַׁדַּי תְּחַיֵּנִי׃
Translit, RU'AKH-'EL 'ASATNI VENISYMAT SYADAY TEKHAYENI


2. Melahir-baru-kan 


* Yohanes 3:5-6 

3:5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. 

* Titus 3:5

pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus


3. Membangkitkan Yesus 


* Roma 8:11

Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.


d) Nama Roh Kudus ditempatkan dalam posisi yang sejajar dengan nama Bapa dan Anak 


* Matius 28:19 

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus

* 2 Korintus 13:13

Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.

Perlu kita ingat bahwa dalam Matius 28:19 nama Bapa, Anak dan Roh Kudus disejajarkan bukan dalam sembarang peristiwa, tetapi dalam formula baptisan. Adalah aneh, bahkan tidak masuk akal, kalau Yesus memerintahkan supaya seseorang dibaptis dalam nama Bapa (yang adalah Allah), Anak (yang juga adalah Allah), dan Roh Kudus (yang bukan Allah, bahkan bukan pribadi). 


Demikian juga dalam 2 Korintus 13:13 Paulus menyejajarkan Yesus, Allah (Bapa) dan Roh Kudus, bukan dalam peristiwa sembarangan, tetapi pada saat ia memberi berkat kepada gereja Korintus.


Karena itu bisa disimpulkan bahwa dalam 2 ayat tersebut, penyejajaran Bapa, Anak dan Roh Kudus menunjukkan bahwa 3 pribadi itu setingkat! Dan ini membuktikan bahwa Roh Kudus adalah Allah sendiri!


Bahwa Yesus dan Roh Kudus juga adalah Allah, sebagaimana Bapa adalah Allah, jelas menunjukkan ke-Esa-an Allah yang kompleks.



Amin.




Blessings,

BP
February 20, 2006
User avatar
BP
Merdeka dlm Kristus
Merdeka dlm Kristus

Posts: 14660
Joined: Fri Jun 09, 2006 5:20 pm
Re: BUKTI-BUKTI KEILAHIAN ROH KUDUS
Post by BP » Thu Sep 18, 2008 1:24 am

ROH KUDUS - ROH ALLAH YANG KUDUS




Roh Kudus adalah Roh Allah yang kudus; rujukan mengenai Roh Allah ini ada, ditulis mulai di pertama dalam Alkitab kita yaitu Kitab Kejadian :


* Kejadian 1:2 

LAI TB, Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air 
KJV And the earth was without form, and void; and darkness was upon the face of the deep. And the Spirit of God moved upon the face of the waters. 
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
וְהָאָרֶץ הָיְתָה תֹהוּ וָבֹהוּ וְחֹשֶׁךְ עַל־פְּנֵי תְהֹום וְרוּחַ אֱלֹהִים מְרַחֶפֶת עַל־פְּנֵי הַמָּיִם׃ 
Translit interlinear, VEHA'ARETS {dan bumi itu} HAYETAH {ia menjadi} TOHU {tidak berbentuk} VAVOHU {dan kosong} VEKHOSHEKH {dan kegelapan} 'AL-PENEY {di atas permukaan, wajah} TEHOM {samudra} VERUAKH {dan Roh} 'ELOHIM {Allah} MERAKHEFET {Ia bergerak} 'AL-PENEY {di atas permukaan, wajah} HAMAYIM {air itu}


Ada contoh ayat dalam Perjanjian Lama yang secara eksplisit menulis Roh Kudus, yaitu Yesaya 63:10-11, dari sisi kontekstual, kata itu merujuk kepada Allah :


* Yesaya 63:10-11

63:10 LAI TB, Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. 
KJV But they rebelled, and vexed his holy Spirit: therefore he was turned to be their enemy, and he fought against them. 
Hebrew,
וְהֵמָּה מָרוּ וְעִצְּבוּ אֶת־רוּחַ קָדְשֹׁו וַיֵּהָפֵךְ לָהֶם לְאֹויֵב הוּא נִלְחַם־בָּם׃
Translit interlinear, VEHEMAH {tetapi mereka} MARU {mereka memberontak} VE'ITSVU {dan mereka mendukakan} 'ET {pada} -RU'AKH QAD'SHO {Roh Kudus-Nya} VAYEHAFEKH {maka Ia berubah} LAHEM {kepada mereka} LE'OYEV {untuk menjadi musuh} HU {Dia} NIL'KHAM-BAM {Dia berperang melawan mereka}

63:11 LAI TB, Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka; 

KJV, Then he remembered the days of old, Moses, and his people, saying, Where is he that brought them up out of the sea with the shepherd of his flock? where is he that put his holy Spirit within him? 
Hebrew,
וַיִּזְכֹּר יְמֵי־עֹולָם מֹשֶׁה עַמֹּו אַיֵּה הַמַּעֲלֵם מִיָּם אֵת רֹעֵי צֹאנֹו אַיֵּה הַשָּׂם בְּקִרְבֹּו אֶת־רוּחַ קָדְשֹׁו׃
Translit interlinear, VAYIZ'KOR {dan dia teringat} YEMEY-'OLAM {pada zaman dahulu} MOSHEH {musa} 'AMO {bangsanya} 'AYEH {di mana} HAMA'ALEM {dia dulu pernah membawa} MIYAM {dari laut} ET RO'EY TSONO {bersama2 kambing dan dombanya} AYEH {dimana} HASAM {Dia menaruh} BEQIR'BO {di tengah2nya} ET {pada} -RUAKH QAD'SHO {Roh Kudus-Nya}

Bahwa mendukakan Roh Kudus adalah mendukakan Allah dapat dibandingkan dengan Mazmur 78:8, 40, 49, 56; 95:9-11; Yehezkiel 6:9; Kisah Para Rasul 7:51, dan Efesus 4:30.


Selengkapnya tentang ROH KUDUS, silahkan baca di : viewtopic.php?p=73#73




-----------------------------------------



ALLAH MENYATAKAN DIRINYA SEBAGAI ROH 



Dalam Perjanjian Lama Tuhan Allah sebagai sekutu Israel juga menyatakan diri-Nya sebagai Roh. 



Arti dasar kata roh (Ibrani, רוח - RUAKH) adalah nafas, angin. Di dalam Perjanjian Lama, kata roh diterjemahkan dengan bermacam-macam kata. Di Mazmur 33:6 umpamanya, RUAKH diterjemahkan dengan nafas dari mulut, sedangkan di Yeremia 10:14 diterjemahkan dengan nyawa dan lain sebagainya. Jika kata RUAKH dikenakan kepada Tuhan Allah sendiri, maka Roh dipandang sebagai kekuatan atau kuasa yang menjadi alat Tuhan Allah bekerja. Hal itu umpamanya tampak dari Yehezkiel 37:9-10 di mana disebutkan, bahwa Roh dapat menjadikan tulang-tulang yang mati menjadi hidup. Di bagian Alkitab ini, Nabi Yehezkiel berada di dalam lembah di tengah-tengah tulang yang mati. Karena nubuat Nabi Yehezkiel datanglah Roh Allah seperti angin yang keras yang menghidupkan tulang-tulang itu menjadi manusia yang berdaging dan berurat dan sebagainya, sehingga mewujudkan suatu tentara yang besar. 


Demikianlah Roh Allah adalah daya atau kuasa Allah dengannya Allah menghidupkan. Dan oleh karena yang digambarkan dengan tulang-tulang yang mati itu adalah Israel yang telah mati secara rohani, maka Roh Allah yang menghidupi itu juga berarti daya atau kuasa Allah yang menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati secara rohani. 


* Yesaya 44:3 

LAI TB, Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.
KJV, For I will pour water upon him that is thirsty, and floods upon the dry ground: I will pour my spirit upon thy seed, and my blessing upon thine offspring:
Hebrew,
כִּי אֶצָּק־מַיִם עַל־צָמֵא וְנֹזְלִים עַל־יַבָּשָׁה אֶצֹּק רוּחִי עַל־זַרְעֶךָ וּבִרְכָתִי עַל־צֶאֱצָאֶיךָ׃
Translit interlinear, KI {sebab} 'ETSAQ {Aku akan mencurahkan} -MAYIM {air} 'AL-TSAME {ke atas (tanah) yg haus} VENOZ'LIM {dan hujan lebat} 'AL-YABASHAH {ke atas tanah yang kering} 'ETSOQ {Aku akan mencurahkan} RUKHI {Roh-Ku} 'AL-ZAREKHA {ke atas keturunanmu} 'UVIR'KHATI {dan Aku memberkati} 'AL-TSE'ETSA'EIKHA {ke atas anak-cucumu}

Selanjutnya dapat dikatakan, bahwa jika Tuhan Allah memperkenalkan diri-Nya sebagai Roh, hal itu bukanlah suatu uraian yang bersifat filsafati, tetapi bahwa hal itu menyatakan Allah di dalam firman dan karya-Nya. Di Yesaya 31:3 umpamanya, Tuhan Allah membandingkan diri-Nya dengan Mesir. Di situ disebutkan, bahwa orang Mesir adalah manusia, bukan Allah, dan kuda-kuda mereka adalah makhluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Jadi orang Mesir disamakan dengan manusia, sedang kekuatan perangnya disamakan dengan makhluk yang lemah, yang berarti, bahwa kekuatan Mesir tidaklah berdaya. Sebaliknya Tuhan Allah disamakan dengan roh, yang berarti bahwa Tuhan Allah adalah kekuatan yang mutlak dan agung. Allah adalah Roh atau kekuatan yang dinamis. Sifat dinamis ini tampak di dalam karya Roh itu. Menurut Yesaya 32:15 dan ayat berikutnya, Roh Allah mengubah padang gurun menjadi kebun buah-buahan. 


Demikianlah Roh adalah kekuatan atau kuasa ilahi yang bekerja sebagai alat atau sarana Tuhan Allah. Dengan Roh itu Tuhan Allah menghendaki para kerub pergi menuju ke tempat yang di hadapannya, memberikan kekuatan badaniah yang luar biasa, umpamanya kepada Simson, menjadikan orang dapat bernubuat, dan lain sebagainya. 


Akhirnya Roh yang dinamis itu juga mengandung di dalamnya sifat-sifat yang etis. Hal ini terang dari Yesaya 30:1, yang mengancam dengan hukuman para anak yang murtad, yang melaksanakan suatu rancangan yang bukan oleh dorongan Roh Tuhan. Jadi Roh Allah yang dinamis tadi memang adalah kekuatan atau kekuasaan yang menciptakan hal-hal yang baru, yang ditujukan kepada tujuan keagamaan. Dalam arti inilah Roh Allah disebut: berada pada Mesias sebagai Roh hikmat dan pengertian, Roh nasehat dan keperkasaan, Roh pengenalan dan takut akan TUHAN. Dalam arti yang demikian itu juga dikatakan, bahwa Roh Tuhan ditaruhkan ke atas hamba TUHAN untuk menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. 


Di dalam terang inilah disebutkan, bahwa keselamatan Israel terjadi oleh karena Roh Allah, yang akan memberikan hati yang baru kepada umat itu, yang akan mengubah hati yang keras dari Israel menjadi hati yang taat, dan menjadikan Israel menjadi umat Allah. 


Oleh karena sifat Roh yang demikian itulah, maka ada hubungan yang erat sekali di antara firman dan Roh Allah. Bahkan dapat dikatakan, bahwa Roh Allah adalah sinonim dari firman Allah. Di Mazmur 33:6 disebutkan, "Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya (Roh-Nya) segala tentaranya." Di sini diungkapkan suatu paralelisme Ibrani, yang mengungkapkan suatu gagasan dengan dua cara, tetapi yang mengandung arti yang sama. Maka kalimat "oleh firman TUHAN langit telah dijadikan" mengungkapkan gagasan yang sama dengan "oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya." Dengan demikian "Firman TUHAN" adalah sinonim dari "Nafas dari mulut-Nya." 


Demikianlah Roh Allah bagi Israel adalah kuasa Allah, yang menjadikan segala sesuatu. Hal yang demikian memang dialami oleh Israel di dalam sejarah hidupnya, sebab seperti yang telah dikemukakan di atas, Roh inilah yang mengaruniakan kecakapan kepada para hakim, kepada Daud, dan sebagainya.




KETERANGAN DALAM PB 



• Roh Kudus adalah Roh Allah. 



* Matius 3:16

LAI TB, Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
KJV, And Jesus, when he was baptized, went up straightway out of the water: and, lo, the heavens were opened unto him, and he saw the Spirit of God descending like a dove, and lighting upon him: 
TR, και βαπτισθεις ο ιησους ανεβη ευθυς απο του υδατος και ιδου ανεωχθησαν αυτω οι ουρανοι και ειδεν το πνευμα του θεου καταβαινον ωσει περιστεραν και ερχομενον επ αυτον
Translit, kai baptistheis ho iêsous anebê euthus apo tou hudatos kai idou aneôkhthêsan autô hoi ouranoi kai eiden to pneuma tou theou katabainon hôsei peristeran kai erkhomenon ep auton

* Lukas 3:22

LAI TB, dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."
KJV, And the Holy Ghost descended in a bodily shape like a dove upon him, and a voice came from heaven, which said, Thou art my beloved Son; in thee I am well pleased. 
TR, και καταβηναι το πνευμα το αγιον σωματικω ειδει ωσει περιστεραν επ αυτον και φωνην εξ ουρανου γενεσθαι λεγουσαν συ ει ο υιος μου ο αγαπητος εν σοι ηυδοκησα
Translit, kai katabênai to pneuma to hagion sômatikô eidei hôsei peristeran ep auton kai phônên ex ouranou genesthai legousan su ei ho huios mou ho agapêtos en soi êudokêsa

Lukas menulis Roh Kudus, sedangkan Matius menulis Roh Allah, berarti Roh Kudus adalah Roh Allah.




• Roh Allah adalah Allah sendiri karena Allah adalah Roh. 



* Yohanes 4:24

LAI TB, Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.
KJV, God is a Spirit: and they that worship him must worship him in spirit and in truth. 
TR, πνευμα ο θεος και τους προσκυνουντας αυτον εν πνευματι και αληθεια δει προσκυνειν
Translit, pneuma ho theos kai tous proskunountas auton en pneumati kai alêtheia dei proskunein


• 'Roh Kristus', 'Roh Allah', 'Roh Kudus' dan 'Roh' 



Pada tahap ini terdapat ajaran Paulus mengenai Roh yang sangat berharga, yaitu hubungan Roh yang sangat dekat dengan Kristus yang hampir tak dapat dipisahkan. Paulus bicara tentang 'Roh Kristus', 'Roh Allah', 'Roh Kudus' dan 'Roh' tanpa perbedaan sampai ungkapan yang sangat sulit 'Tuhan yang adalah Roh' :


* Roma 8:9

LAI TB, Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
KJV, But ye are not in the flesh, but in the Spirit, if so be that the Spirit of God dwell in you. Now if any man have not the Spirit of Christ, he is none of his. 
TR, υμεις δε ουκ εστε εν σαρκι αλλ εν πνευματι ειπερ πνευμα θεου οικει εν υμιν ει δε τις πνευμα χριστου ουκ εχει ουτος ουκ εστιν αυτου
Translit Interlinear, humeis {kamu} de {tetapi} ouk {tidak} este {adalah} en {dalam} sarki {daging} all {melainkan} en {dalam} pneumati {Roh} eiper {jika memang} pneuma {Roh} theou {Allah} oikei {diam/ tinggal} en {dalam} humin {kamu} ei {jika} de {tetapi} tis {ada orang} pneuma {Roh} khristou {kristus} ouk {tidak} ekhei {mempunyai} houtos {(orang) ini} ouk {tidak} estin {termasuk/ adalah} autou {dari-Nya}

* 2 Korintus 3:18

LAI TB, Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.
KJV, But we all, with open face beholding as in a glass the glory of the Lord, are changed into the same image from glory to glory, even as by the Spirit of the Lord.
TR, ημεις δε παντες ανακεκαλυμμενω προσωπω την δοξαν κυριου κατοπτριζομενοι την αυτην εικονα μεταμορφουμεθα απο δοξης εις δοξαν καθαπερ απο κυριου πνευματος
Translit Interlinear, hêmeis {kita} de {adapun} pantes {semua} anakekalummenô {(yang) telah disingkap} prosôpô {dengan muka} tên doxan {cahaya terang (lebih besar)} kuriou {Tuhan} katoptrizomenoi {(yang) memantulkan/ (seperti) melihat dalam cermin/ merenungkan} tên autên {sama} eikona {rupa (seperti Tuhan)} metamorphoumetha {kita sedang diubah (menjadi)} apo {dari} doxês {cahaya terang} eis {ke} doxan {cahaya terang} kathaper {(yang) dama seperti} apo {dari} kuriou {Tuhan} pneumatos {Roh (yaitu Roh)}


Selanjutnya, "Roh Tuhan" adalah "Roh Allah", "Roh Kudus", Anda dapat bandingkan dengan beberapa ayat ini, tanpa transliterasi dari Perjanjian Baru Yunani; mencobai Roh Tuhan sama halnya dengan mencobai Tuhan sendiri.


* Kisah Para Rasul 5:3-4

5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."

* Kisah Para Rasul 5:9

Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."

Blessings,

BP
September 18, 2008
Reff : 
- AJARAN TTG TUHAN ALLAH, di ajaran-tentang-tuhan-allah-vt24.html#p59 

- ROH KUDUS, di roh-kudus-vt33.html#p73



Dan dapat dibaca pula Tanggapan dari Tuduhan dari teman Muslim yang lain tentang Roh Kudus, di:

http://www.kebohongan-kristen.150m.com/menu

http://www.geocities.com/cicak_mdn/Bant ... Kudus.html

BANTAHAN ALKITAB TENTANG KETUHANAN ROH KUDUS !!! 


Beberapa keterangan Alkitab dalam Kitab Yohanes menyebut konsep "Roh Kebenaran". Interpretasi Kristen tradisional menyamakan "Roh Kebenaran" ini dengan "Roh Kudus". Berikut petikan YOHANES: 

14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 
15:26. Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 

Keterangan2 Alkitab di atas dengan jelas mengaitkan Roh Kebenaran dengan penyampaian wahyu/pesan dan ilham dari Allah, dan dijelaskan bahwa Roh Kebenaran "tidak akan berkata2 dari diri-Nya sendiri, tetapi akan mengatakan segala sesuatu yang didengar-Nya" dari Allah. Dengan kata lain, ayat2 dari Yohanes ini dengan jelas mengisyaratkan bahwa Roh Kebenaran, Roh Kudus, tunduk kepada Allah, dan bukan mitra yang sejajar dengan-Nya. Ini berarti bahwa Roh Kebenaran "tidak akan berkata2 dari diri-Nya sendiri, tetapi akan mengatakan segala sesuatu yang didengar-Nya" dari Allah. Dijelaskan juga dalam ayat Yohanes di atas, bahwa "dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia". Ini berarti bahwa Roh Kebenaran tersebut adalah makhluk ghaib yang hanya bisa dilihat oleh orang2 tertentu pilihan Allah. 

Roh Kebenaran melaksanakan tugas yang sama, menyampaikan wahyu/pesan, dengan Malaikat Gabriel. Oleh karenanya, diisyaratkan bahwa Gabriel adalah Roh Kebenaran, dan bahwa Roh Kebenaran adalah Roh Kudus. Jika Gabriel adalah penyampai wahyu, dan jika Roh Kudus adalah Roh Kebenaran, maka Gabriel adalah Roh Kudus. 

Adapun maksud dari frasa "ia akan bersaksi tentang aku" dalam Yohanes 15:26 di atas adalah bahwa Roh Kebenaran/Roh Kudus/malaikat Gabriel akan memberikan wahyu kepada Yesus dan kepada Nabi Muhammad tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pengutusan Yesus untuk Bani Israel. 

Identifikasi Roh Kudus/malaikat Gabriel dengan jelas bisa dilihat dalam Alkitab hanya dengan mengontraskan dua ayat dalam MATIUS dengan LUKAS yang masing2 membahas penyampai pesan/berita gembira dari Allah kepada Maria. Dalam ayat Matius, Gabriel diidentifikasi dengan gelarnya, Roh Kudus, sebagai penyampai berita gembira kepada Maria. Dalam ayat Lukas, Gabriel diidentifikasi dengan namanya sebagai penyampai berita gembira kepada Maria. Berikut petikan MATIUS dan LUKAS

MATIUS 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. 

LUKAS 1:26-27 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. 

Lebih jelas, identifikasi tersebut dapat dilihat dalam Al-Qur'an dengan mengontraskan tiga ayat yang masing2 membahas penyampai wahyu dari Allah kepada Nabi Muhammad. Dalam ayat pertama, Gabriel diidentifikasi dengan namanya sebagai penyampai wahyu kepada Nabi Muhammad. Dalam ayat kedua, Gabriel diidentifikasi dengan gelarnya, Roh Kudus, sebagai penyampai wahyu kepada Nabi Muhammad. Dan dalam ayat ketiga, Gabriel diidentifikasi dengan julukannya, Roh Kebenaran, sebagai penyampai wahyu kepada Nabi Muhammad. Berikut petikan Al-Qur'an: 

[QS. 2:97. Katakanlah: Barang siapa yang menjadi musuh Gabriel, maka Gabriel itu telah menurunkannya (Al Qur'an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.] 

[QS. 16:102. Katakanlah: "Roh Kudus (Gabriel) menurunkan Al Qur'an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)".] 

[QS. 26:192-193. Dan sesungguhnya Al Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Roh Kebenaran(Gabriel),] 

Ringkasnya, Gabriel tidak lain adalah Roh Kudus. Sementara agama Kristen telah meninggikan derajat Gabriel, dengan gelar Roh Kudus, hingga memiliki hubungan kemitraan dengan Penciptanya, Allah, dalam konsep ketuhanan tritunggal. Islam meneguhkan kembali keesaan Allah yang secara tegas menentang segala bentuk ideologi politeistik, dan tetap melihat Gabriel atau Roh Kudus hanya sebagai malaikat Allah yang menyampaikan pesan2-Nya kepada umat manusia. 

Lebih jauh, injil2 kanonik sendiri secara implisit telah membantah ketuhanan Roh Kudus

LUKAS: 

1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus
1:67. Dan Zakharia, ayahnya, penuh dengan Roh Kudus, lalu bernubuat, katanya: 
2:25. Adalah di Yerusalem seorang bernama Simeon. Ia seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya

YOHANES: 

20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia (Yesus) mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus

MARKUS (lihat QS. 2:97 di atas) :

3:29 Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal." 
3:30 Ia (Yesus) berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat. 

Bahkan, Yohanes Pembaptis memiliki keistimewaan tersendiri berkaitan dengan Roh Kudus ini: 

LUKAS: 

1:15 Sebab ia (Yohanes Pembaptis) akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya

Dijelaskan dalam ayat Lukas di atas, bahwa Yohanes Pembaptis akan dipenuhi oleh Roh Kudus "mulai dari rahim ibunya". Kita justru kasihan kepada Yesus yang harus menunggu selama 30 tahun untuk menerima Roh Kudus, yaitu ketika selesai dibaptis oleh Yohanes Pembaptis(Lihat: Matius 3:16-17, Markus 1:10-11, Lukas 3:21-22, dan Yohanes 1:32). 


Silahkan kembali ke menu.


Wassalaam.



No comments:

Post a Comment